Jumat, 06 Februari 2009

Kehidupan di Jalur Gaza

cerita menarik tentang kehidupan anak-anak di daerah gaza. untuk lebih jelasnya silahkan saksikan... klik menu selengkapnya...


Selengkapnya...

Perempuan Berkalung Sorban

Ini adalah sebuah kisah pengorbanan seorang perempuan, Seorang anak kyai Salafiah sekaligus seorang ibu dan isteri. Anissa (Revalina S Temat), seorang perempuan dengan pendirian kuat, cantik dan cerdas. Anissa hidup dalam lingkungan keluarga kyai di pesantren Salafiah putri Al Huda, Jawa Timur yang konservatif. Baginya ilmu sejati dan benar hanyalah Quran, Hadist dan Sunnah. Buku modern dianggap menyimpang

Dalam pesantren Salafiah putri Al Huda diajarkan bagaimana menjadi seorang perempuan muslim dimana pelajaran itu membuat Anissa beranggapan bahwa Islam membela laki-laki, perempuan sangat lemah dan tidak seimbang

Tapi protes Anissa selalu dianggap rengekan anak kecil. Hanya Khudori (Oka Antara), paman dari pihak Ibu, yang selalu menemani Anissa. Menghiburnya sekaligus menyajikan dunia yang lain bagi Anissa. Diam-diam Anissa menaruh hati kepada Khudori. Tapi cinta itu tidak terbalas karena Khudori menyadari dirinya masih ada hubungan dekat dengan keluarga Kyai Hanan (Joshua Pandelaky), sekalipun bukan sedarah. Hal itu membuat Khudori selalu mencoba membunuh cintanya. Sampai akhirnya Khudori melanjutkan sekolah ke Kairo. Secara diam-diam Anissa mendaftarkan kuliah ke Jogja dan diterima tapi Kyai Hanan tidak mengijinkan, dengan alasan bisa menimbulkan fitnah, ketika seorang perempuan belum menikah berada sendirian jauh dari orang tua. Anissa merengek dan protes dengan alasan ayahnya.

Akhirnya Anissa malah dinikahkan dengan Samsudin (Reza Rahadian), seorang anak Kyai dari pesantren Salaf terbesar di Jawa Timur. Sekalipun hati Anissa berontak, tapi pernikahan itu dilangsungkan juga. Kenyataan Samsudin menikah lagi dengan Kalsum (Francine Roosenda). Harapan untuk menjadi perempuan muslimah yang mandiri bagi Anissa seketika runtuh

Dalam kiprahnya itu, Anissa dipertemukan lagi dengan Khudori. Keduanya masih sama-sama mencintai.

Apakah cinta anissa dan Khudori berakhir di pernikahan? Bagaimana hubungan Anissa dan kedua orang tuanya dan Samsudin suaminya? Apakah Anissa dapat menjadi muslimah seperti yang diinginkan orang tuanya?

Astra'Gk

Selengkapnya...

Rabu, 04 Februari 2009

Masa Depan Hukum Islam di Negara

Identitas Buku

Judul Buku : Masa Depan Hukum Islam Di Indonesia
Penulis : Prof. Dr. H. Muchsin, SH
Penerbit : Badan Pnerbit IBLAM
Tebal : 219 halaman

Perjalanan panjang RUU anti Pornografi akhirnya menemukan titik terang yang mengundang berjuta simpati dari mayoritas penduduk Indonesia. Tiga tahun bukanlah waktu yang singkat untuk suatu Undang-undang agar menemukan muara. namun hal tersebut merupakan satu perjuangan yang menuntut eksistensi serta kecerdasan nalar seseorang ketika mempertahankan serta menjadikannya sebagai suatu barometer ranah hiburan dalam menampilkan karya mereka.
Meskipun pada akhirnya RUU ini mengalami banyak perubahan, dari mulai nama yang semula RUU Anti Pornografi dan Pornoaksi (APP) menjadi RUU Pornografi, perampingan jumlah pasal yang semula diusulkan 93 menjadi 45 butir, hingga deskripsi dari definisi pornografi lebih dispesifikasikan, tak mengurangi rasa bangga rakyat Indonesia terhadap DPR yang dianggap bersikap tegas.
Fenomena tersebut merupakan satu dari sekian banyak hukum Islam yang mungkin akan bermunculan dimasa yangg akan datang. Sebut saja hukum mengenai zakat profesi yang baru-baru ini menyeruak ke permukaan sebagai salah satu hukum Islam kontemporer. lalu, sebenarnya bagaimana hukum Islam di Indonesia berjalan? serta bagaimana masa depan hukum Islam di Negara yang konon mayoritas penduduknya beragama Islam?. maka Prof. Dr. H. Muchsin, SH. mencoba menjawab dalam bukunya yang berjudul “Masa Depan Hukum Islam Di Indonesia”. maka pemahaman anda akan melebihi ekspektasi yang semula anda kira datar.
Islam sebagai agama yang dipeluk mayoritas penduduk Indonesia, tentu sangat berpengaruh terhadap pola hidup bangsa Indonesia. perilaku pemeluknya tidak lepas dari syari’at yang dikandung agamanya. melaksanakan syari’at agama yang berupa hukum-hukum menjadi salah satu parameter ketaatan seorang hamba dalam menjalankan agamanya. sebagaimana disampaikan Javid Iqbal dalam buku state politics and Islam:’…The second principle in that Islamic law has already been legislated in the Quran by Allah and sunnah of Prophet, the latter being the authoritative of the Quran…’. ini bisa dilihat dari aktivitas keagamaan yang terjadi, misalnya seperti zakat atau pembagian waris.
Karena itu tantangan dan peluang di masa depan adalah tanggungjawab semua pihak. terutama sekali adalah para praktisi hukum, para akademisi, ulama dan elit politik untuk menggali lebih banyak lagi hukum Islam. ingin tahu lebih banyak lagi?? membacalah….karena MEMBACA ADALAH INVESTASI TAK KENAL RUGI!!!!

View’Z –


Selengkapnya...

Mahasiswa La Tansa Mashiro atau Model di Catewalk?

Perkembangan dunia Fashion sudah tidak diragukan lagi bahkan hampir setara dengan perkembangan Teknologi. Berbagai macam modelpun diluncurkan oleh Desaigner ternama bahkan desaigner yang baru merambah dunia modelingpun tidak ingin ketinggalan menampilkan hasil karyanya. Entah itu model pakaian untuk pria ataupun model pakaian untuk wanita.
Berbagai macam modelpun disuguhkan untuk memuaskan konsumen.Dari mulai pakaian santai,kantoran,sampai pakaian untuk kuliah.
Kemarakan dan keberbagaian model pakaian untuk kuliahpun terasa kental di kampus La Tansa Mashiro yang identik terkenal dengan keislamikannya.
Untuk mengantisipasi salahnya penempatan pakaian perkuliahan di kampus La Tansa Mashiro dan menjaga image kampus, maka BAAK kampus LA tansa Mashiro mengumumkan kepada seluruh mahasiswa STIE La Tansa Mashiro bahwa dalam mengukuti perkuliahan, mahasiswa diwajibkan memakai pakaian rapih dan sopan.
Mahasiswa dilarang memakai kaos oblong (tidak berkerah) dan sandal.
Bagi mahasiswa yang tidak mematuhi ketentuan diatas tidak dikenankan untuk mengikuti perkuliahan di STIE La Tansa Mashiro.
Dengan diadakannya peraturan yang diadakan BAAK maka kini kita berbenah diri. Apakah selama ini kita mahasiswa La Tansa Mashiro atau model di Catewalk?
Mahasiswa La Tansa Mashiro yang baik pasti tau apa yang harus diperbuat.

Selengkapnya...

TOKOH KITA

KH. AHMAD RIFA’I ARIEF, KYAI BANTEN
BERWAWASAN KE DEPAN
KH. Rifa’I Arief si mata masyarakat adalah seorang tokoh yang semangat membangun, membina umat islam khususny di Banten, selain itu adalah beliau sosok insane berjiwa besar, ia lahir dari seorang petani, guru ngaji, yang hidup sederhana, jauh dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Pola piker masyarakat telah bergeser rusak, mengikuti sejarah perjalanan manusia yang sarat dengan matrealisme, tapi pak Rifa’i bersama ayahanda H. Qasad Mansyur, tidak hanyut terbawa arus yang membahayakan itu mereka mampu bertahan dan akhirnya mempu menciptakan kota di desanya, membentuk masyarakat yang berbudaya dan berperadaban menyongsong hari depan indah dengan senyuman.
Pak Rifa’i punya visi jauh menjiwai falsafat almamater dan kyainya. Ia ingin banyak santri di berbagai lapisan masyarakat. Ada birokrat santri, ada pejabat santri, ada pengusaha santri, ada perwira santri, anggota parlemen santri dll.
KH. Rifa’i Arief telah menjiwai ajaran dan nilai dasar almamaternya, DM Darussalam Gontor, beliau tida\k hanya berfikir untuk meningkatkan kecedasan intelektual santri, tetapi juga berbuat maksimal dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional. Seiring dengan perjalanan waktu ide terus mengalir maka beliau melakukan pengembangan dengan mendirikan dua pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren La Tansa dan Pondok Pesantren Wisata Sakinah La Tansa di pantai Kemuning Citeureup Pandeglang yang pembangunan fisiknya dimulai pada tahun 1996, sekarang masih dalam proses pembangunan yang dilanjutkan oleh para generasinya. Serta meresmikan satu Universitas Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro.
Satu program yang sedang dicanangkan tapi belum sempat disentuhnya adalah mendirikan pesantren karyawan, ketika beliau sering bulak- balik Gintung – Jakarta, melihat kenyataan bahwa karyawan-karyawan pabrik itu memerlukan sentuhan dakwah, kebutuhan mereka terhadap asrama dan tempat tinggal adalah mutlak. Oleh karena itu beliau melihat hal ini dalam dua kerangka berfikir; Pertama permberdayaan ekonomi masyarakat, kedua, peluang da’wah berda’wah dan pendidikan masyarakat. Ini merupakan suatu ide yang sangat inovatif, kreatif dan peka tehadap kondisi social masyarakat. Memang tidak sempat dilaksanakan, tapi begitulah ide besa seorang kyai Banten yang berwawasan ke depan.
“Sesungguhnya Allah Maha mengetahui dan Maha bijaksana”.

Sumber dari buku karya Drs. H. Sholeh Rosyad, M.M
Kiprah Kyai Enterpreneur (Drs. KH. A. Rifai Arief)

Selengkapnya...

LA TANSA MASHIRO ASSOCIATION (LAMSA)

Sekilas sejarah
LAMSA ( LA Tansa Mashiro Association ) berdiri pada tanggal 11 juni 2004. UKM ini dibentuk secara spontanitas dan tanpa persiapan yang matang karena adanya undangan untuk mengikuti turnamen liga sepak bola Mahasiswa danpemuda Piala Gubernur Banten yang dilaksanakan di stadion badak Pandeglang, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2004. dengan persetujuan dari presiden mahasiswa maka di bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LAMSA. Kenapa menggunakan nama LAMSA, karena kami bertekad tidak hanya sepak bola saja yang harus digeluti oleh mahasiswa, akan tetapi juga berbagai macam bentuk olah raga lainnya, yang nantinya di berikan kebebasan untuk mengelola dan mengaturnya hanya saja masih berada di bawah naungan LAMSA
isi dan misi
Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa LAMSA didirikan untuk menggali berbagai potensi dari mahasiswa khususnya di bidang olah raga, yang juga berfungsi sebagai sarana sosialisasi kampus lewat olah raga.dengan demikian, kami berharap Mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan dalam disiplin ilmu begitu saja seperti ekonomi, agama dan sebagainya, tetapi juga handal dan kompeten dalam dunia olah raga.

Selengkapnya...

ASOSIASISENI DANBUDAYA ( ASSIBA )

Kilas sejarah
Berawal dari keprihatinan mahasiswa di tahun 2003 yang pada masa itu Presma kuruang begitu aktif dan kegiatan menjadi serba vakum dan berakibat pada mahasiswa tidak ada sama sekali kegiatan. Maka atas kepertihatinan tersebut segelintir mahasiswa yang mempunyai motivasi agar kegiatan di kampus menjadi hidup, maka dibentuklah dengan berbagai macam permasalahan yang cukup rumit, terbentuklah nama ASSIBA(Assosiasi Seni dan Budaya) kampus. Adapun seni dan budaya yang ditampilkan antara lain : Teater, Vokal Group, Paduan Suara dan Qira’atil Quran.
Visi
1.terciptanya mahasiswa yang berwawasan seni dan budaya serta mampu mengembangkannya.
2.terciptanya kader yang mempunyai sense of belonging terhadap organisasi.
3.terciptanya mahasiswa yang kritis dalam seni dan budaya
4.membina dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang seni dan budaya.

Misi
1.membantu program kerja lembaga Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro dalam hal seni dan budaya.
2.berkesenian dengan berlandaskan Al-Quran dan Al-Hadist
3.Membentuk kader organisasi yang berjiwa kesenian.

Selengkapnya...

SEJARAH SINGKAT PERGURUAN TINGGI LA TANSA MASHIRO

Banten yang pada orde baru di bawah pemerintahan jawa barat masih tebilang daerah minim dan miskin memiliki daerah tertinggal yang banyak, tapi Banten tidak sendiri, daerah-daerah lain pun merasakan nasib yang sama. Sejalan dengan era ekonomi, muncul kesadaran masyarakat untuk kembali ke kampungnya dan mengabdikan diri mereka untuk membangun dan membangkitkan daerah dan masyarakatnya. Berangkat dari sini maka bermunculan perguruna tinggi di daerah-daerah, mulai dari Serang, Cilegon, Pandeglang hingga Rangkasbitung, masyarakat setempat mulai mempercayai perguruan tinggi La Tansa Mashiro memiliki SDM dan manajemen yang memenuhi kualifikasi standar yang ditentukan oleh pemerintah secara normative, sudah mendapatkan akreditasi dari DIKNAS dan BAN (Badan Akreditas Nasional) sebagai bentuk legalitas dan pengakuan, kerananya dapat menarik perhatian para calon mahasiswa buakan hanya yang dating dari Rangksbitung, tapi mereka juga dating dari Serang, Tangerang, Pandeglang, Bogor, Lampung, Sukabumi.
Kurang dari dua puluh tahun, kyai Rifa’i berhasil mengembangkan pesantren kedua di Cipanas Kab. Lebak dengan mengambil nama “La Tansa”. Bersamaan dengan pengembangan pesantren La Tansa ternyata kyai Rifa’I punya ide besar yaitu mendirikan Perguruan Tinggi setingkat universitas bersama setelah beberapa kali bertemu dengan membenruk team work dan work plan-Nya. Team work itu dikenal dengan panitia sembilan karena terdiri dari sembilan orang. dengan komposisi sebagai berikut:
Penanggung jawab
Drs. KH. Ahmad Rifa’i Arief
Ketua
H. MA. Tihami, M.A
Sekretaris
Drs. H.E. Syibli Syarjaya, LML
Bendahara
Drs. Najmudin
Anggota
Drs. H.M. Hudlori
Drs. Endin Syahiduddin
Drs. Hatim Fanani
Drs. Enah Huwaenah
Drs. Undang Sumantri
Ringkas cerita,…
Kegigihan kyai Rifa’I dalam mengawal perguruan ini memang luar biasa, karena berat tantanganya dan besat dananya. Kendala tersebut dengan tergar dihadapi oleh pak Rifa’I karena perguruan tinggi ini merupakan satu kesatuan integral dengan produk pesantren yang bertujuan untuk mewujudkan intelektual muslim yang mempunyai wawasan luas tentang ilmu pengetahuan dan agamanya, memiliki integritas dan komitmen yang tinggi dalam keislamannya dan berdedikasi luas kepada masyarakatnya. Sportifitas dan pengakuan pak Rifa’I terhadap kemampuan orang lain, sangat objektif, sehingga ia mempersilahkan siapa saja untuk berperan, bukan sekedar membantu, sesuai dengan keahliannya dalam mengembangkan perguruan tingginya.
Pada bulam juni 1997 Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro kehilangan figurnya. Beliau adalah pendiri, donator utama, desainer bahkan pemilik yang tidak ingin memilikinya apalagi menguasainya. “La Yarilsuha illa min ibadhi al-sholihin” demikian kata terakhirnya. Pada saat ditinggalakannya, “PT Latansa Mashiro, baru pindah ke kampus” milik sendiri yang baru selesai lantai pertamanya, pada bulan oktober 1996, pada saat itu jumlah mahasiswa aktif STIE sekitar 68 orang dan mahasiswa STAI 9 orang. berkat system yang ditanamkannya, struktur pejabat STIE dipimpin oleh Drs. H. Narasoma dan STAI dipimpin oleh H. M. Hudlori, MM dan dibantu oleh bapak H. Narasoma di pemda kabupaten Lebak maka tahun 1999 diangkatlah Drs. Soleh Rosyad M.M sebagai ketua STIE dan STAI cendrung meningkat setiap tahunnya. Bahkan STIE berkat kerja keras team pada tahun 2003 sudah mendapat akreditasi “B” dari BAN, sementara STAI yang masih dalam proses akreditasi dan menambah program studi D II sehingga jumlah mahasiswa miningkat dengan tajam. Pada tahun 2005 jumlah mahasiswa aktif STIE sekitar 450 orang dan mahasiswa STAI sekitar 850 orang. pada awal tahun 2008 STAI sudah mendapat akreditasi “B” pula, dan sekarang di Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro telah didirikan satu Akademi Kebidanan yang siap berkiprah di masyarakat yang mempunyai tujuan yaitu untuk mewujudkan intelektual muslim yang mempunyai wawasan luas dan menciptakan generasi atau mencetak mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi luas kepada masyarakatnya. Amin…

Catatan kilasan sejarah
PT La Tansa Mashiro dari sumber buku
“Kiprah Kyai Enterpreneur”
( Sebuah Pembaruan Dunia Pesantren di Banten)

Selengkapnya...

UKM : SEBAGAI RUMAH KEDUA

La Tansa. Kanto-kantor atau tempat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diabuat sengaja oleh lembaga memberikan dampak yang positif bagi para pengurus UKM. Pasalanya tempat UKM ini dijadikan sebagai tempat kedua atau rumah kedua bagi para pengurus UKM, berbagai kegiatan pertemuan pun digelar di sana karena tempat tersebut dirasa nyaman untuk dijadikan tempat pertemuan. Tempat yang tadinya digunakan untuk tempat parkir motor sekarang disulap menjadi tempat yang unik dan bermanfaat. Tak jarang ada mahasiswa pengurus UKM yang sengaja menginap di UKM sekedar untuk merasakan kenyamanannya.
Bahkan setelah pulang kuliah pun sesekali para pengurus UKM tersebut istrahat di UKM. Berbagai ide dan gagasanpun muncul disana, sebagai tempat untuk mencari inspirasi. Dengan diadakan tempat-tempat ini pengurus UKM tidak merasa repot lagi seperti dulu untuk menyimpan dokumen-dokumen rahasia kepengurusannya dan tak susah lagi untuk mencari tempat berkumpul.
Upaya lembaga untuk menciptakan tempat ini ternyata mendapat respon yang positif dari para mahasiswa, karena dengan di buatnya tempat ini para pengurus bisa lebih leluasa untuk untuk rapat dan sekedar berkumpul untuk menghilangkan kepenattanya. Tak sekedar tempat, peralatan pun diberikan oleh lembaga berupa kipas angin, karena memang tempat tersebut sangat panas bila disiang hari. (Astra)

Selengkapnya...

Permata LDK : AJANG TINGKATKAN SILATURAHMI

La Tansa Mahiro (15/11) diadakan kegiatan yang mengikut sertakan mahasiswa la tansa mashiro yang bertempat di mesjid at tauhid la tansa mashiro, Permata (Penerimaan Masa Tamu) inilah kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) At Tauhid, kegiatan ini dimulai pada tanggal 15 November 2008 yang dilaksanakan di dalam kampus la tansa mashiro, kegiatan yang dimulai dari pukul 16.00 WIb sampai dengan hari selanjutnya dengan waktu yang sama ini berjalan dengan lancer walaupun peserta yang ditargetkan tidak sesuai dengan yang di harapkan panitia, kegiatan ini dilaksanakan sebagai kelanjutan dari kegiatan Senam Nusantara yang dilaksanakan pada tanggal 07 November sebelumnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk menarik anggota baru khususnya bagi para mahasiswa semester I dan umumnya semua mahasiswa yang ingin bergabung di LDK.
“Optimalisasi Lembaga Dakwah Kampus” inilah tema yang diusung dalam kegiatan ini dengan maksud supaya LDK ini bisa lebih eksis dalam dunia dakwah khususnya lingkungan la tansa sendiri. “saya yakin antum-antum semua adalah orang-orang pilihan” ucap M. Aris selaku ketua umum. Kegiatan yang diketuai oleh Eko Sudrajat (STIE Sem. 3) membuat panitia sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.
Kegiatan yang dilaksungkan ini berjalan dengan hikmat sekali, peserta pun begitu antusias mengikuti kegiatan ini dan menyimak beberapa materi yang disampaikan. Menjelang berakhirnya kegiatan para kader dilantik oleh ketua umum LDK Muhamad Aris. “Semoga LDK kedepan bisa lebih baik dan tetap eksis dalam dunia dakwahnya”. tutur salah satu panitia permata.

Selengkapnya...

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARI’AH (LKMS)

Mukadimah
Puji syukur bagi Allah, tuhan segenap alam, sang maha pemberi. Berkat doa dan dukungan semua. Pihak. Telah berdiri LKMS Ibda Binafsika di Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro sebagai wujud murni dari sebuah komitmen pengabdian yang utuh kepada sang maha khalik. Desertai orientasi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat menuju kemakmuran dan kesejahtraan lahir dan batin.
Landasan Filosofis
Takdir merupakan ketentuan Allah yang paling mutlak, tetapi manusia sebagai hambanya wajib berikhtiar, ikthiar untuk menjadi seorang muzaki. Berzakat berarti kaya hati dan kaya harta, terhindar dari kemiskinan, jauh dari kekufuran.
Visi
Menjadi lembaga keuangan sebagai model dan laboratorium Perguruan Tinggi yang masih mandiri, sehat, amanah, dan mendapatkan kepercayaan masyarakat sebagai mitra usaha sejati.
Misi
Menumbuhkan kewirausahaan dan kemandirian mahasiswa serta memberdayakan pengusaha mikro/kecil agar mampu bahu membahu membangun masyarakat yang kuat dan sejahtera.

Selengkapnya...

LEMBAGA DAKWAH KAMPUS ( LDK) AT-TAUHID PERGURUAN TINGGI LA TANSA MASHIRO

Sejarah
Mahasiswa (Pemuda) sejak dahulu telah terbukti menjadi agen perubahan di setiap masanya. Mahasiswa adalah asset terbesat sebuah bangsa, karena dengan keberadaan dan kontribusinya sebuah bangsa memiliki harapan di masa yang akan dating. Mahasiswa memiliki idealisme yang kuat dan kental. Denga prinsip yang dimilikinya, mahasiswa memiliki sebuah perjuangan atau pergerakan nurani atas dasar pemahaman yang dimiliki.
Dengan alas an itulah Lembaga Dakwah Kampus At Tauhid di bentuk. Dengan tujuan dapat menjadi salah satu wadah untuk membentuk masyarakat kampus yang berakhlakul karimah, berwawasan luas serta berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang islami. Yang kemudian hal ini dituangkan dalam visi LDK At Tauhid yaitu pada bulan desember 2005.
Visi dan misi

Visi
sebagai wadah pengkaderan untuk membentuk masyarakat kampus yang berahklakul karimah dan profrseinal serta berkontribusi mewujudkan masyarakat yang islami serta berama ma’ruf nahi munkar.

Misi
menjadikan LDK At Tauhid Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro Rangkasbitung sebagai organisasidakwah yang Professional dan Rabbaniyah.
Membentuk kader dakwah yang berahklakul karimah dengan landasan iman, ilmu dan amal sholeh.
Memperkokoh dan memperluas hubungan yang sinergis dengan elemen dahwah kampus.
Membangun opini agar terwujud iklim yang kondusif menuju kampus Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro yang lebih islami dan mandiri.
Menumbuhkan sensitivitas dan intelektual civitas akademika terhadap problematika umat.

Selengkapnya...

Jurnalistik fair 2008


Bogor. (23/11) dimulainya acara Junalistik fair 2008 yang dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor (IPB), acara yang dimulai tepat pada jam 8 pagi itu dikemas sedemikian rupa oleh panitia sehingga menarik untuk diikuti. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama BEM IPB dengan SCTV ini memberikan dampak yang positif khususnya bagi para peserta jurnalistik fair 2008. karena pada kegiatan tersebut dihadirkan beberapa penyiar televise tak asing lagi bagi kita. Diantaranya Muhamad Ahir salah satu presenter acara berita di liputan 6 ahir pekan.
Dari crew tintamas pun diberangkatkan untuk mengikuti dan meliput kegiatan ini. Karena memang kegiatan ini sangat jarang sekali diadakan. “Dan diharapkan kegiatan ini bisa memberikan imbas yang sangat baik bagi kami, karena memang kami masih membutuhkan bimbingan untuk bergelut dalam dunia jurnalistik, semoga acara jurnalistik fair ini bisa kita laksanakan di kampus tercinta ini” ucap via salah seorang crew tintamas.
Bukan hanya materi yang disampaikan disana tetapi berbagai permainan pun diberikan panitia untuk tetap menghibur para perserta bahkan tak jarang hadiah diberikan oleh SCTV bagi yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan crew SCTV.
Bang gun, itulah sapanya. Salah satu crew dari SCTV yang bernama Gunawan ini banyak sekali memeberikan pelajaran bagi para peserta khusus dalam tekhnik pengambilan gambar dengan menggunakan handycam, beliau merupakan senior kameramen di televisi tersebut, beberapa pemaparanpun ia berikan pada peserta.
Hari berikutnya (24/11) kegiatan pun dilanjutkan. Para peserta pun langsung diterjunkan ke lapangan untuk meliput berita sekitar khususnya berita yang ada di lingkungan kampus IPB, tiap peserta dibekali hamdycam yang disediakan oleh panitia untuk meliput situasi yang ada. kelompok Crew tintamas mendapat kesempatan untuk meliput situasi disana. Dengan beranggotakan 11 orang, kelompok kami terjun ke lapangan meliput. Disana kami meliput informasi tentang kuliner yang kebetulan jaranknya tidak terlalu jauh dari kampus IPB.
Kegiatan tersebut diakhiri dengan ditampilkannya pagelaran seni sunda yang disajikan oleh UKM Seni di IPB. Pagelaran tersebut membuat para peserta terpukau oleh penampilan penari sunda yang membawakan tari jaipong khas jawa barat tersebut. Dan dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter karya mahasiswa IPB dengan judul “kampus kehidupan” yang menceritakan tentang perjalanan seorang anak penjual makanan di kampus tersebut. Sampai pada akhirnya ditutuplah kegiatan tersebut. Astra’Gk

Selengkapnya...

Kita intip yuuu UKM yang ada di kampus kita…

Sejatinya…
Di setiap kampus pasti terdapat sebuah UKM untuk menampung semua kebutuhan jiwa seni para mahasiswanya, baik berupa tarik suara, pers kampus, pecinta alam, dan lain-lain. Hal itupun berlaku di kampus tercinta La Tansa Mashiro.
Salah satunya adalah LDK (Lembaga Dakwah Kampus) At-Tauhid, ketua umum nya adalah Aos Mutaqin, salah satu mahasiswa terbaik STAI jurusan PAI yang kemarin baru saja menyelesaikan KKN nya. UKM ini bergerak dibidang kerohanian, seperti layaknya UKM yang lain, UKM ini pun memiliki struktur organisasi, di mulai dari ketua umum hingga anggoata yang bernaung di bawah UKM ini.
Selanjunya adalah ASIBA, meskipun kurang terdengar gaungnya serta sempat vakum dikarenakan kepengurusan yang sekarang tidak mengetahui struktur organisasi dari kepengurasan yang lama, namun UKM ini tetap eksis dan melenggang indah di jalurnya. Ketua umum dari UKM ini adalah Hendrik Sugara, mahasiswa STAI ini memiliki kegiatan yang ia dan teman-temannya bina dalam UKM ASIBA tersebut, beberapa diantaranya adalah latihan aubade dan kasidahan serta membuat kerajinan lainnya yang tentu sangat di tentukan oleh intuisi mereka dalam mereka-reka pernak-pernik yang akan di ciptakan. Adapun untuk program ke depan, ASIBA memiliki target kerja seperti panggung budaya, yan meliputi pensi, festival band serta teather yang bekerjasama dengan DISPORABUDPAR.
Selain itu, terdapat UKM lain yang begitu akrab dengan alam dan rimba raya. Itulah PALAPA program mingguan mereka adalah mengadakan latihan fisik yang bertujuan untuk menignkatkan ketahanan tubuh serta kahlian fisik dalam menaklukan alam. Di ketuai oleh Fuad, salah satu mahasiswa STIE manajemen semester IV ini berencana mengadakan Latgab pada bulan juli mendatang. Beberapa prestasi pun pernah di raih oleh UKM ini, hal tersebut tentunya memberikan rasa bangga tersendiri bagi kampus dan anggota PALAPA tersebut khususnya.
Pesan dari seluruh ketua UKM di kampus La Tansa ini “tetap eksis dan harus harmonis dengan UKM lainnya, tidak ada salahnya andai kita duduk bersama dan merumuskan rancangan kegiatan untuk kemajuan kamus La Tansa Mashiro tercinta, tanggalkan individualisme untuk mencapai satu kalimat LA TANSA ADALAH KITA”.

Selengkapnya...

ABOUT LA TANSA FM

Cerdas dan religuis, itulah motto stasiun radio la tansa FM yang bertempat di lantai 2 Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro. Radio La Tansa FM adalah sebuah stasiun komunikasi yang jangkauannya cukup terbatas. Di latar belakangi oleh keinginan salah satu pendiri Perguruan Tinggi ini. Didirikan pada bulan Agustus tahun 2005 dengan tujuan untuk menyalurkan bakat mahasiswa di bidang boardcasting dan sebagai sarana dakwah untuk masyarakat umum.
Radio La Tansa ini sudah memperoleh izin resmi dari DISHUB Provinsi serta sudah masuk JRK (Jaringan Radio Komunitas). Adapun untuk penyiar La Tansa FM tidak dibatasi, baik dari kalangan mahasiswa maupun alumni, dengan catatan mereka semua mengikuti prosedur yang ada serta telah di tentukan oleh mamajer radio kampus tersebut, yaitu Farid Mukim Salany atau yang lebih akrab dengan sapaan uwa prabu.
Acara – acara yang disuguhkan pun beragam, disajikan dalam kemasan yang secara apik dan menarik oleh para VJ. Isinya pun beragam namun ynag pasti tidak mengurangi porsinya sebagai radio komunitasnya kaum intelektual.

Selengkapnya...

Ada apa dibalik kantin STAI???

Mahasiswa ataupun mahasiswi yang super sibuk atapun tidak sama sekali ,mengikuti UKM intra/ ekstra kampus sebagian besar pasti akan mampir ataupun hanya sekedar duduk santai di suatu tempat favorit, yaitu kantin.terutama jika suasana kantin sedang mendukung.
Perubahan demi perubahan telah dirasakan oleh kantin ini, dari yang semula kecil kini menjadi lebih luas dan menawan. Perubahan lain pun terletak pada suasana yang dihadirkan oleh pemandagan di sekitar kantin ini.selain keindahan dan kenyamanan yang di suguhkan oleh kantin STAI ini, teh Neneng dan ibu kantin selaku penanggungjawab kantin merasakan hal yang agak berbeda. “kami masih kekurangan pegawai, jika hujan turun, atap-atapnya pun sering bocor dan percikan air masuk kedalam kantin, ini jelas mengganggu kenyamanan dan lumayan merepotkan. Selain itu, dari segi bangunan kantin ini belum begitu kokoh”.
Kemajuan yang sedang dirintis oleh kantin ini mendapat respon dari berbagai kalangan, utamanya mahasiswa, “bagus, suasana kantin STAI yang sekarang ini jauh lebih kondusif, selain bisa bermain kata, juga bisa bermain mata “ ungkapnya sambil tersenyum.
Ibu kantin juga berharap, dengan perubahan ini mahasiswa pun ikut berubah, yaitu agar mahasiswa lebih jujur dan lebih cinta pada kebersihan. Jujur dalam membeli jajanan, dan cinta akan kebersihan dalam menempatkan sampah.

Selengkapnya...

Arti dan Makna Lambang PALAPA

Bentuk dasar lambang berbentuk SEGI LIMA BERATURAN , sebagai penggambaran dari sebuah wadah perhimpunan orang – orang yang memiliki rasa persamaan yaitu persamaan dalam tujuan . Lambang persegi lima beraturan juga mengartikan bahwa kita berasaskan Pancasila sebagai dasar Negara , dan juga Rukun Islam sebagai dasar agama Islam .
Makna setiap unsur :
1. BINTANG berbentuk Arah Mata Angin , menggambarkan Keagungan sang Maha Pencipta penguasa alam semesta . Bentuk arah mata angin sebagai simbolisasi kompas yang merupakan pedoman arah untuk kita melangkah , seperti halnya hidup ini memiliki pedoman dalam mengarungi hidup ini . Bintang pun menggambarkan sebuah cita – cita yang tinggi .
2. MACAN menggambarkan Penjelajah yang mengarungi alam , dan letak macan yang berada dalam bola dunia memiliki makna bahwa alam beserta isinya harus kita jaga . Macan juga memiliki Naluri yang sangat peka , mengartikan PALAPA sebagai wadah yang peduli dan peka kepada lingkungan dan alam sekitar.
3. BOLA DUNIA menggambarkan tempat kita berpijak yang mana bumi beserta isinya harus selaras serasi dan seimbang
4. TAMBANG menggambarkan sarana pemersatu masyarakat dunia . Dan menggambarkan sebagai simbolisasi keterikatan manusia kepada Alam beserta isinya .
5. Warna HIJAU MUDA memiliki makna Ketabahan dalam menggapai sebuah cita – cita .
6. Warna HITAM memiliki makna bahwa kita sebagai insan yang berpendidikan .
7. PALAPA itulah nama organisasi ini sesuai dengan artinya Persatuan Pelestari dan Pecinta Alam La Tansa Mashiro .

Selengkapnya...

AKADEMI KEBIDANAN LA TANSA MASHIRO

PENDAHULUAN
Dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan di bidang kesehatan perlu ditunjang oleh tersedianya sumber daya manusia yang handal dan professional agar pelayananan yang diberikan berkualitas. Di samping juga agar pelayanan lebih menjangkau pada sasarannya dan akan berdampak pada kebutuhan jumlah tenaga yang memenuhi rasio dengan junlah penggunaan jasa.
Dengan melihat jumlah penduduk Indonesia yang kian tahun kian bertambah jumlahnya, maka kebutuhan akan tenaga kesehatan yang professional sangat dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan program pemerintah dibidang kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka kematian bayi dan kematian ibu setelah melahirkan.
Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahtraan Sosial Republik Indonesia Nomor : 1192/MENKES/PER/X/2004 tentang Pendirian Pendidikan Diploma bidang kesehatan, dalam Bab I (Ketentuan Umum) pasal satu (1) ayat satu (1) disebutkan bahwa Pendidikan Diploma adalah pendidikan tinggi di bidang kesehatan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian terutama maksimal setara dengan program sarjana.
Salah satu jenis pendidikan tinggi kesehatan adalah Akademi Kebidanan yang selanjutnya diakronimkan istilah AKBID yang merupakan jenis pendidikan khusus untuk mendidik peserta didik menjadi tenaga bidan professional, memiliki integritas kepribadian tinggi, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanggap terhadap adanya perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat terutama yang berkaitan dengan masalah kebidanan.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan bidan yang berkualitas sebagaimana yang dimaksudkan di atas, perlu adanya partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya kebidanan, salah satunya adalah menyediakan sarana pendidikan kesehatan dengan program study kebidanan yang dapat memenuhi tuntunan masyarakat dan selata dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntunan bidang kesehatan di masa depan.

Berdasarkan pada permasalahan di atas, Pimpinan Yayasan Latansa Mashiro Rangkasbitung merasa terpanggil untuk ikut serta bersama pemerintah mewujudkan tujuan pembangunan di bidang kesehatan , dengan menyelenggarakan pendidikan D3 kebidanan.
Visi
Mewujudkan lulusan bidan yang professional, handal dalam kompetisi global serta memiliki sikap dan prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Al-Quranul Karim.

Misi
melaksanakan proses belajar mengajar berbasis pada ajaran yang islami
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
mengembangkan kemampuan riset
melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada profesi
meningkatkan kemampuan dosen dalam bidang keilmual dan teknologi terkini sesuai dengan dasar keilmuan yang dimilikinya
meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana / prasarana pendidikan.

Moto

Profesional, Berakhlak dan Amanah

Selengkapnya...

Senin, 02 Februari 2009

Cara Setting blog

Bagi para sobat yang baru membuat blog, ada beberapa settingan / pengaturan yang harus di lakukan agar blog kita bisa di kenali mesin pencari semisal Google,yahoo, Msn serta teman-temannya yang lain. Bila belum tahu apa yang harus di setting, silahkan ikuti langkah-langkahnya :
1. Silahkan sobat Login ke blogger.com dengan user name dan password milik sobat
2. Klik judul blog yang mau di setting ( jika sobat sudah mempunyai beberapa blog)
3. Klik Pengaturan, trus klik Dasar. Beberapa form yang harus di isi pada menu Dasar :
• Judul ⇒ isi dengan judul blog sobat. Contoh : Blogspot Tutorial
• Uraian ⇒ isi dengan deskripsi blog sobat. Contoh : disini kita akan berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar Blog
• Tambahkan blog Anda ke daftar kami? ⇒ pilih ya agar setiap posting kita selalu masuk di daftar Blogger.com.
• Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda? ⇒ pilih ya
• Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda? ⇒ pilih Ya
• Tampilkan Link Posting Email? ⇒ Sebaiknya pilih ya, tapi pilih tidak juga tidak apa-apa
• Konten Dewasa? ⇒ Pilih tidak. Kalau pilih ya berarti blog anda di anggap blog untuk dewasa (semacam blog porno)
• Tampilkan Mode Compose untuk semua blog Anda? ⇒ pilih Ya
• Aktifkan transliterasi? ⇒ pilih Tidak, jika anda ingin ada button untuk mengubah biasa ke hurup hindi (India), pilih ya jika sebaliknya)
• Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai
4. Klik Publikasi untuk mengatur menu Publikasi :
• Alamat Blog*Spot ⇒ isi dengan nama blog sobat. Contoh : kolom-tutorial. Biasanya alamat yang tercantum adalah langsung alamat blog anda, jadi jangan di ubah aja.
• Klik tombolSimpan pengaturan. Selesai
5. Klik Format untuk mengatur menu format :
• Tampilkan ⇒ pilih angka posting yang ingin anda tampilkan. Missal : Tampilkan : 6 posting, berarti posting yang akan tampil di halaman blog sobat adalah sebanyak enam posting. Pilih posting (jangan hari) pada menu pulldown.
• Format Header Tanggal ⇒ pilih model tanggal/bulan yang anda sukai, Format tanggal/bulan ini akan selalu muncul diatas postingan kita.
• Format tanggal Index Arsip ⇒ pilih model untuk peng-arsip-an yang anda sukai.
• Format Timestamp ⇒ Pilih bentuk waktu yang anda sukai.
• Zona Waktu ⇒ Pilih zona waktu yang sesuai. Contoh untuk WIB : [UTC-+7.00]Asia/Jakarta.
• Bahasa ⇒ Pilih bahasa yang di inginkan.
• Tampilkan Field judul ⇒ Pilih ya
atau tidakpun tidak apa-apa
• Tampilkan kolom link ⇒ pilih ya, tapi seandainya pilih tidak juga tidak apa-apa.
• Aktifkan perataan float ⇒ pilih ya, tapi seandainya mau pilih tidak juga tidak apa-apa
• Klik tombol Simpan Pengaturan. Selesai
6. Klik Komentar Untuk mengatur menu komentar :
• Komentar ⇒ pilih tampilkan, ini agar artikel anda dapat di komentari oleh pengunjung
• Siapa yang Bisa Berkomentar ? ⇒ Pilih Siapa pun - termasuk Pengguna Anonim. Ini di maksudkan agar setiap orang bisa berkomentar tidak terbatas kepada anggota blogspot saja.
• Default Komentar untuk Posting ⇒ pilih Posting baru memiliki komentar.
• Link balik ⇒ Pilih tampilkan. Ini dimaksudkan agar kita mengetahui apabila ada yang memasang link pada artikel kita.
• Default Link Balik untuk Posting ⇒ pilih Posting baru Memiliki Link Balik.
• Format Timestamp Komentar ⇒ pilih format jam yg singkat. Contoh: 8.00 PM.
• Tampilkan komentar dalam sebuah window popup? ⇒ pilih Ya. Supaya ketika di klik oleh pengunjung, halaman blog anda tidak menghilang/tertimpa halaman komntar.
• Aktifkan moderasi komentar? ⇒ pilih Tidak (sebaiknya).
• Tampilkan verifikasi kata untuk komentar? ⇒ pilih Ya. ini di maksudkan agar terhindar dari software robot dengan tujuan melakukan spam.
• Tampilkan gambar profil dalam komentar? ⇒ pilih ya. Supaya gambar komentator yg punya id blogger, dapat menampilkan fotonya.
• Email Pemberitahuan Komentar ⇒ isi dg alamat email anda, ini di maksudkan agar setiap ada yang berkomentar pada artikel anda, anda dapat kiriman email dari blogger.com sebagai pemberitahuan.
• Klik tombol Simpan Pengaturan. Selesai
7. Klik Arsipkan Untuk mengatur menu Arsipkan :
• Frekuensi Arsip ⇒ pilih Bulanan.
• Aktifkan Halaman Posting? ⇒ pilih ya.
• Klik tombol Simpan Pengaturan . Selesai.
8. Klik Fedd Situs untuk mengatur menu feed situs :
• Izinkan Feed Blog ⇒ pilih Penuh.
• Posting URL Pengubahan Arah Feed ⇒ di isi dengan alamat feed penggati semisal alamat feed dari feed burner, jika belum punya, di kosongkan saja.
• Footer Feed Posting ⇒ Silahkan di isi dengan kode iklan yang anda punya, misal kode iklan dari Google adsense dsb, namun jika tidak punya, silahkan kosongkan saja.
• Klik tombol Simpan Perubahan. Selesai.


Selengkapnya...

Kode Etik Jurnaistik

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat.

Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik:

Pasal 1
Wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Penafsiran
a. Independen berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain termasuk pemilik perusahaan pers.
b. Akurat berarti dipercaya benar sesuai keadaan objektif ketika peristiwa terjadi.
c. Berimbang berarti semua pihak mendapat kesempatan setara.
d. Tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata-mata untuk menimbulkan kerugian pihak lain.

Pasal 2
Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

Penafsiran
Cara-cara yang profesional adalah:
a. menunjukkan identitas diri kepada narasumber;
b. menghormati hak privasi;
c. tidak menyuap;
e. menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya; rekayasa pengambilan dan pemuatan atau penyiaran gambar, foto, suara dilengkapi dengan keterangan tentang sumber dan ditampilkan secara berimbang;
f. menghormati pengalaman traumatik narasumber dalam penyajian gambar, foto, suara;
g. tidak melakukan plagiat, termasuk menyatakan hasil liputan wartawan lain sebagai karya sendiri;
h. penggunaan cara-cara tertentu dapat dipertimbangkan untuk peliputan berita investigasi bagi kepentingan publik.

Pasal 3
Wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah.

Penafsiran
a. Menguji informasi berarti melakukan check and recheck tentang kebenaran informasi itu.
b. Berimbang adalah memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing-masing pihak secara proporsional.
c. Opini yang menghakimi adalah pendapat pribadi wartawan. Hal ini berbeda dengan opini interpretatif, yaitu pendapat yang berupa interpretasi wartawan atas fakta.
d. Asas praduga tak bersalah adalah prinsip tidak menghakimi seseorang.

Pasal 4
Wartawan Indonesia tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul.

Penafsiran
a. Bohong berarti sesuatu yang sudah diketahui sebelumnya oleh wartawan sebagai hal yang tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.
b. Fitnah berarti tuduhan tanpa dasar yang dilakukan secara sengaja dengan niat buruk.
c. Sadis berarti kejam dan tidak mengenal belas kasihan.
d. Cabul berarti penggambaran tingkah laku secara erotis dengan foto, gambar, suara, grafis atau tulisan yang semata-mata untuk membangkitkan nafsu birahi.
e. Dalam penyiaran gambar dan suara dari arsip, wartawan mencantumkan waktu pengambilan gambar dan suara.

Pasal 5
Wartawan Indonesia tidak menyebutkan dan menyiarkan identitas korban kejahatan susila dan tidak menyebutkan identitas anak yang menjadi pelaku kejahatan.


Penafsiran
a. Identitas adalah semua data dan informasi yang menyangkut diri seseorang yang memudahkan orang lain untuk melacak.
b. Anak adalah seorang yang berusia kurang dari 16 tahun dan belum menikah.

Pasal 6
Wartawan Indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap.

Penafsiran
a. Menyalahgunakan profesi adalah segala tindakan yang mengambil keuntungan pribadi atas informasi yang diperoleh saat bertugas sebelum informasi tersebut menjadi pengetahuan umum.
b. Suap adalah segala pemberian dalam bentuk uang, benda atau fasilitas dari pihak lain yang mempengaruhi independensi.

Pasal 7

Wartawan Indonesia memiliki hak tolak untuk melindungi narasumber yang tidak bersedia diketahui identitas maupun keberadaannya, menghargai ketentuan embargo, informasi latar belakang, dan “off the record” sesuai dengan kesepakatan.

Penafsiran
a. Hak tolak adalak hak untuk tidak mengungkapkan identitas dan keberadaan narasumber demi keamanan narasumber dan keluarganya.
b. Embargo adalah penundaan pemuatan atau penyiaran berita sesuai dengan permintaan narasumber.
c. Informasi latar belakang adalah segala informasi atau data dari narasumber yang disiarkan atau diberitakan tanpa menyebutkan narasumbernya.
d. “Off the record” adalah segala informasi atau data dari narasumber yang tidak boleh disiarkan atau diberitakan.

Pasal 8
Wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang atas dasar perbedaan suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan bahasa serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa atau cacat jasmani.

Penafsiran
a. Prasangka adalah anggapan yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui secara jelas.
b. Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan.

Pasal 9
Wartawan Indonesia menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya, kecuali untuk kepentingan publik.

Penafsiran
a. Menghormati hak narasumber adalah sikap menahan diri dan berhati-hati.
b. Kehidupan pribadi adalah segala segi kehidupan seseorang dan keluarganya selain yang terkait dengan kepentingan publik.

Pasal 10
Wartawan Indonesia segera mencabut, meralat, dan memperbaiki berita yang keliru dan tidak akurat disertai dengan permintaan maaf kepada pembaca, pendengar, dan atau pemirsa.

Penafsiran
a. Segera berarti tindakan dalam waktu secepat mungkin, baik karena ada maupun tidak ada teguran dari pihak luar.
b. Permintaan maaf disampaikan apabila kesalahan terkait dengan substansi pokok.

Pasal 11
Wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara proporsional.

Penafsiran
a. Hak jawab adalah hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya.
b. Hak koreksi adalah hak setiap orang untuk membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.
c. Proporsional berarti setara dengan bagian berita yang perlu diperbaiki



Selengkapnya...

Seach Engine Perpustakaan La Tansa

La Tansa. Perkembangan dunia tekhnologi kian berkembang saat ini, penggunaan alat tekhnologi merupakan kebutuhan yang tak bisa terlepaskan dari kehidupan, khususnya dalam kehidupan kampus. Berbagai program tekhnologi pun ditawarkan oleh berbagai perusahaan IT untuk memudahkan akses atau sistem untuk mengolah data. La Tansa Mashiro sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Kabupaten Lebak kini mulai beralih untuk menggunakan system tekhnologi tersebut. Hal tersebut dilakukan dalam upaya efisiensi dan pemanfaatan tekhnologi. Perpustakaan sebagai center information memberikan banyak sekali berbagai pengetahuan dan informasi kepada mahasiswa La Tansa. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin bertambahnya koleksi buku pendidikan pengetahuan untuk para mahasiswa dan penambahan sistem layaknya sistem search engine yang sering kita pakai di warnet.
Penerapan sistem IT yang digunakan di perpustakaan, menambah derap langkah perkembangan kampus La Tansa Mashiro dalam saat ini. Sistem digital yang diterapakan diharapkan bisa mempermudah mahasiswa untuk mencari data beberapa daftar buku yang sudah masuk dalam sistem komputer di perpustakaan.
Hal senada diungkapkan oleh salah satu penjaga perpustakaan pak Arifin ketika Tintamas menyambanginya di perpustakaan. ”ini sengaja disiapkan untuk mahasiswa supaya mahasiswa tidak susah lagi mencari buku yang ingin dicarinya” ujarnya. astra



Selengkapnya...

 

© free template by Blogspot tutorial